Peta Piri Reis

bingung ya liad judulnya??
apa fenomenalnya peta antartika?? teknologi sekarang ujung dunia pun bisa di petain....
weitss liad dolo

nih gambarnya



Yang menjadikan peta Admiral Pirireis dari Turki ini fenomenal adalah:

"The most puzzling however is not so much how Piri Reis managed to draw such an accurate map of the Antarctic region 300 years before it was discovered, but that the map shows the coastline under the ice. Geological evidence confirms that the latest date Queen Maud Land could have been charted in an ice-free state is 4000 BC."

nah masih berani bilang biasa aja??....
kalo nga ngerti bahasa inggris ke www.toogletext.com aja....

source nya neh :

http://www.world-mysteries.com/sar_1.htm
----------------------------------------------------------------------------------
Piri Reis Si Pembuat Peta

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=215625&kat_id=298

Hasil penelusuran gambar untuk piri reis


http://www.ee.bilkent.edu.tr/~history/booknmaps.html http://www.prep.mcneese.edu/engr/engr321/preis/piri_r~1.htm http://www.ataturktoday.com/Resim/Canakkale/Canakkale2/HaritalarMaps.htm


Terbayangkah kalian bagaimana membuat peta dunia? Oh, pakai satelit, dilihat dari atas! Hmmm ...tapi, kalau dulu? Dulu, para pelautlah yang membuat peta. Tapi, untuk membuat peta dunia yang lengkap, kita harus mengingat jasa Piri Reis.

Piri Reis adalah kartografer Muslim terkemuka yang mewariskan peta dunia terlengkap pertama. Kartografer adalah ahli membuat peta. Peta Piri ditemukan pada suatu hari pada tahun 1929 di museum Istana Topkapi Istanbul, Turki. Ceritanya, di salah satu bagian istana indah peninggalan kesultanan Ottoman itu, direktur museum menemukan satu cuplikan peta misterius yang kini diakui sebagai salah satu warisan berharga dunia.

Peta itu karya Muhiddin Piri Reis. Ia pelaut, navigator, dan kartografer Muslim terkemuka dari abad ke-16. Kalau kita perbandingkan dengan peta yang ada sekarang, karya Piri Rais membuat kita terkagum-kagum. Betapa tidak. Perbandingan jarak antara pantai timur Amerika dan pantai Barat Afrika peta itu sama dengan peta modern saat ini. Hebat, ya?

Peta ini bisa jadi merupakan peta terbaik di zaman itu. Peta Piri Reis dibuat di atas kulit rusa berukuran 90 x 65 cm. Peta itu dibuat tahun 1513 atau tahun 919 kalender Hijriyah. Peta yang sekarang kita lihat itu merupakan bagian peta dunia yang utuh. Dan, hanya bagian itulah yang diketahui selamat sampai sekarang.

Bagaimana Piri Reis membuat peta begitu akurat? Ia membuatnya berdasarkan 34 sumber yang berbeda-beda. Ada 20 peta dari zaman Alexander yang Agung, 8 peta karya ahli geografi Muslim, 4 peta Portugis, dan 1 peta hasil karya Columbus.

Nah, semua peta itu diringkas menjadi satu peta dunia. Ini sesuai pengakuan Piri Reis. ''Di dalam abad ini (di saat Piri hidup--red.), tak ada peta seperti peta ini sebelumnya, '' kata Piri Reis, ''Dibuat dengan cara menggabungkan keseluruhan peta menjadi satu skala peta ... maka hadirlah peta yang benar dan yang dapat dipercaya ...''

Pada tahun 1528, Piri Reis membuat peta dunia kedua yang ditujukan untuk memberikan informasi terbaru bagi para pelaut dan navigator. Peta ini memuat informasi yang mengagumkan ilmuwan modern saat ini. Mengapa? Peta itu memuat informasi yang sangat rinci mengenai Amerika, Luatan Atlantik, Eropa dan pantai-pantai Afrika yang belum dijelajah oleh penjelajah Eropa pada masanya. Wah ...

Siapa itu Piri Rais? Piri hidup pada tahun 1470-1554 atau 877-961 Hijriyah. Namanya, Muhiddin Piri. Ia menghabiskan masa kanak-kanak dan remaja bersama pamannya, Kemal Reis. Pamannya itu pelaut dan kapten kapal terkemuka di masa kekhalifahan Ottoman, Turki sekarang ini. Pamannya itulah yang mendorong Piri mencintai laut, pelayaran, dan ilmu pembuatan peta.

Saat dewasa, Piri membuat buku dan peta mengenai navigasi. Buku itu, Kitab-i Bariye ditulis pada 1521. Suatu sumbangan peradaban Islam terhadap ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar: